Sisi standar mesin biasanya di sebelah kiri. Ini bahkan berlaku untuk negara-negara yang memperkenalkan kendaraan penggerak kiri atau kanan.
Buktinya lihat saja motor-motor produksi Amerika Serikat dan Eropa, seperti Harley-Davidson, Triumph, MV Agusta, BMW, Ducati, yang masih standar di sebelah kiri.
Mengapa sisi standar sepeda tidak di sebelah kanan? Ternyata ada sejarah panjang yang melekat pada masalah sederhana ini.
Mulai dari saat sepeda motor dan sepeda belum ditemukan, kuda masih digunakan sebagai alat transportasi.
Nah, dulu penunggangnya dilatih untuk menunggang kuda lewat sisi kiri. Penasaran kenapa?
Karena lebih mudah melompat dengan kaki kanan daripada dengan kaki kiri membawa pedang.
Karena ada lebih banyak orang yang tidak kidal, mayoritas orang di zaman kuno meletakkan senjata mereka di sisi kiri.
Sejarahnya berlanjut hingga sebelum abad ke-19, ketika sepeda ditemukan pada akhir abad tersebut.
Baca Juga: Impian Motor Terbang Terwujud, Itu Harganya!
Seperti yang kita ketahui, penemuan sepeda dan sepeda motor awalnya berasal dari daratan Eropa.
Begitulah kebiasaan menunggang kuda dialihkan ke penemuan kendaraan roda dua.
Tentu saja, dengan standar yang diatur di sebelah kiri, ini membuat berkendara lebih mudah tanpa harus mengubah kebiasaan mengemudi di sebelah kiri.
Inggris juga menjadi salah satu alasan mengapa begitu banyak standar sepeda motor sisi kiri, karena menggunakan jalur kiri dan memiliki banyak negara kolonial, yang tentu saja ditransmisikan melalui sistem jalur kiri.
Selain itu, Inggris pernah menjadi salah satu negara dengan produsen sepeda motor terbanyak dan terlaris.
Tentu saja standar kiri sepertinya menjadi hal wajib pada setiap sepeda motor dari pabrikan asal Inggris tersebut.
Keuntungannya, dengan posisi mesin standar kiri, ada lebih banyak ruang di sisi kanan.
Selain Eropa, Jepang yang juga merupakan produsen besar roda dua juga merupakan negara yang menggunakan sistem lajur kiri.
Baca juga: Perantara PKH di Pangandaran Terima Bantuan 59 Unit Sepeda Motor
Tentu saja, posisi standar di sebelah kiri juga berlaku untuk sepeda motor peringatan Jepang.
Mengapa negara seperti Amerika Serikat yang menggunakan jalur kanan terus membangun sepeda motor dengan standar di kiri?
Sumber :